TES HASIL BELAJAR GANGGUAN DAN CARA MEMELIHARA ORGAN PEREDARAN DARAH

Tes Hasil Belajar

Gangguan dan Cara Memelihara Peredaran Darah

Tes ini digunakan setelah melalui pembelajaran bersama guru baik offline atau pun online sebanyak 3-7 kali. Penjelasan guru pada awal pertemuan ditekankan pada pemotivasian agar siswa memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar, salah satunya dengan ditampilkannya contoh/ilustrasi seseorang yang sakit (yang terkait dengan peredaran darah). Siswa dilibatkan secara aktif dan semaksimal mungkin kegiatan pembelajaran bersama guru  lebih diarahkan untuk diskusi. Para siswa akan melakukan tugas mandiri berupa mencari informasi/browshing, interview, mengecek denyut nadi sebelum dan setelah olah raga (pada materi "jantung" biasanya sudah diajarkan), dan mengisi data (self assesment) berupa data kebiasaan hidup sehat.  Kegiatan olah raga siswa, juga saat mengecek denyut nadi dapat dievaluasi melalui video apabila dilakukan secara online. Dokumen kegiatan siswa yang dapat divideokan selain kegiatan olah raga adalah saat interview serta presentasi perkembangan self assesment dan ketercapaian kebiasaan hidup sehat yang direncanakan.

Materi pada tes ini diperuntukkan bagi siswa SD kelas 5 dengan treatment dan pengkondisian yang maksimal. Untuk jenjang SMP tes ini dapat digunakan namun dengan bahasa dan ilustrasi yang lebih kompleks.

Silahkan guru menambahkan dengan kegiatan lain, yang lebih menarik, bermakna, dan melibatkan siswa secara maksimal. Untuk form kegiatan terkait materi ini, silahkan disimak pada blog berikutnya.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENILAIAN AUTENTIK

KONSEP DAN PENERAPAN DESAIN INSTRUKSIONAL

PENERAPAN DISAIN INSTRUKSIONAL Model ADDIE