PENILAIAN AUTENTIK DALAM KURIKULUM 2013 A. LATAR BELAKANG Di dalam pendidikan, kurikulum merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Kurikulum senantiasa berkembang sejalan dengan perubahan dan perkembangan zaman sehingga kurikulum memiliki sifat fleksibel. Hal ini dimaksudkan bahwa kurikulum bisa dikembangkan sesuai porsi dan kebutuhan di dalam pendidikan. Aspek-aspek yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan kurikulum diantaranya adalah cara berpikir masyarakat, sistem nilai (nilai moral, keagamaan, politik, budaya, dan sosial), proses pengembangan kebutuhan peserta didik, kebutuhan masyarakat maupun arah program pendidikan nasional. Pengembangan dari kurikulum mencakup pada rancangan desain, implementasi, dan evaluasi. Pengertian kurikulum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 butir 19 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai ped
KO KONSEP DAN PENERAPAN DESAIN INSTRUKSIONAL Dosen pengampu : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd Prakata Bismillahirrohmaanirrohiim Puji syukur kepada Allah, SWT. Dalam waktu yang relatif singkat penulis dapat menyelesaikan tugas berat ini, penulisan buku sebagai tugas akhir Mata Kuliah Disain Instruksional. Buku ini penulis selesaikan dalam waktu kurang lebih satu minggu sehingga pasti belum memenuhi harapan. ADDIE serta penerapannya. Model ini dipilih sebagai desain instruksional pelatihan yang dalam pengembangannya terdapat modul yang akan digunakan dalam pelatihan tersebut. Selanjutnya adalah materi modul tentang konsep pembelajaran tematik, di dalamnya terdapat lembar kegiatan sebagai bagian dari kegiatan evaluasi. Sebelum kurikulum 2013 lahir, bahkan sebelum pelaksanaan KTSP 2006 beberapa sekolah telah menerapkan model pembelajaran tematik, salah satunya Sekolah Alam. Tema dibuat untuk membantu pemaha
CONTOH PENERAPAN DESAIN INSTRUKSIONAL Model ADDIE Model ADDIE merupakan salah satu model yang sering digunakan dalam kegiatan pelatihan dan pengembangan SDM. Model ADDIE terdiri dari 5 langkah : ADDIE menurut Reiser Langkah secara detil dapat dilihat pada pembahasan sebelumnya. Namun secara umum tahapan-tahapan tersebut adalah: 1. Analyze (Analisis) Pada tahapan ini, dialkukan Analisa tentang beberapa hal yang perlu diketahu sebelum kegiatan pelatihan/ training dilakukan. Seperti tujuan penyelenggaraan training , siapa peserta dana pa yang menjadi kebutuhan peserta training terkait dengan materi, metode, Teknik pembelajaran, dan lain-lain. 2. Design (disain) Dalam tahap disain ini seorang perancang pelatihan perlu melakukan perencanaan awal untuk program pelatihan/pembelajaran, perancangan materi pelatihan dan perencanaan evaluasi pelatihan secara konseptual yang nantinya akan dijadikan dasar dalam tahap pengembangan. 3. Develop
Komentar
Posting Komentar