UTS LANDASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2017 (5)

 UTS LANDASAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Jawaban soal no.5           

Identifikasi permasalahan, kendala, kelemahan dalam  pemanfaatan dan pengembangan Sumber dan Media Belajar

Seorang pemelajar dituntut untuk dapat menggunakan serta mengembangkan sumber dan media belajar. Dalam Teknologi Pendidikan tuntutan ini wajib karena merupakan salah satu peran guru yaitu sebagai manager dan fasilitator belajar, maka kemampuan dalam memanfaatkan serta mengelola sumber dan media  belajar harus dikuasai. Namun, dalam kenyatannya masih terdapat permasalahan, kendala dan kelemahan dalam pemanfaatan sumber dan media belajar. Hal ini juga terkait kemampuan  pemelajar dalam mengaplikasikan prinsip pemilihan dan perancangan media pembelajaran. Beberapa faktor yang menjadi permasalahan/kendala/kelamahan adalah:

a.       Faktor guru atau pemelajar

Faktor ini menurut pendapat penulis yang cukup dominan dalam permasalahan ini. Dalam konteks Teknologi Pendidikan, guru sebagai pemelajar diharapkan

ü Berfikiran terbuka (dapat menerima dan melakukan perubahan sesuai kondisi agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien serta sesuai tujuan)

·      Move on dari cara/gaya lama ke cara baru

·      Menerima kondisi bahwa guru bukan satu-satunya sumber belajar

·      Proses  pembelajaran  bukan guru mentrasfer ilmu sehingga murid menjadi pintar

·      Memahami kondisi siswa

·      Mempelajari kondisi sekitar sekolah dan hal-hal atau tempat yang dapat menjadi sumber belajar

·      Setelah menjadi guru harus tetap belajar

·      Menumbuhkan motivasi dan kemampuan memecahkan masalah agar berfikir kreatif salah satunya dalam penyediaan media pembelajaran bila tidak tersedia di sekolah 

·      dan lain sebagainya

ü  Mampu merumuskan strategi dan pengelolaan pembelajaran, terkait

·      Penentuan tujuan pembelajaran, materi, sasaran belajar, waktu, tempat/lingkungan,  metode/teknik , evaluasi

·      Pemiihan sumber/media pembelajaran

·      Penggunaan sumber/media pembelajaran

·      Pengolahan dan delivery materi ke dalam media atau sumber belajar lainnya

b.       Faktor siswa terkait minat, kondisi fisiologis dan psikologis, sosial budaya, kemampuan menggunakan

c.       Faktor ketersediaan sumber belajar dan  fasilitas pendukungnya

·      Buku, computer, in focus, listrik, bahan, alat peraga, dll

·      Jumlah dan kondisi sumber/media  belajar yang tersedia

d.       Faktor ektrenal, dukungan dari atasan/kepala sekolah atau orang yang berwenang lainnya

Solusi-solusi untuk memecahkan permasalahan, kendala, kelemahan dalam  pemanfaatan dan pengembangan Sumber dan Media Belajar adalah sebagai berikut :

a.       Memberikan workshop/seminar dan pelatihan kepada guru atau pemelajar berupa:

·      Open mind kondisi pendidikan saat ini, baik di dalam negeri maupun luar negeri serta bagaimana proyeksi pendidikan masa depan

·      Seminar tentang perubahan fungsi dan peran guru

·      Pelatihan produksi, pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran

b.       Membuat pertemuan berkala dengan para guru untuk :

·      Berdiskusi tentang kendala atau keberhasilan dalam penggunaan media, pemotivasian dan mencari jalan keluar untuk media yang tidak tersedia (agar guru kreatif membuat/memproduksi)

·      Mengecek peningkatan kemampuan  guru (evaluasi)

·      Melakukan microteaching (bisa dikondisikan pada waktu khusus bersama tim guru saja, atau  langsung saat mengajar. Hasilnya didiskusikan dan dievaluasi 

·      Sharing hasil produksi dan pemanfaatannya     

c.       Study banding

d.       Mengundang sekolah lain untuk saling sharing ilmu (sekolah yang akan diundang disurvey dan diobservasi terlebih dahulu agar tujuan peningkatan kemampuan guru dalam hal media tercapai)

e.       Menyediakan tim penyedia/produksi untuk media pembelajaran tertentu serta tim pengelola media sehingga dapat disimpan dengan baik dan diakses oleh guru lain

f.        Meningkatkan ketersedian sarana yang dapat menjadi sumber belajar atau fasilitas pendukungnya disesuaikan dengan kondisi keuangan sekolah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENILAIAN AUTENTIK

KONSEP DAN PENERAPAN DESAIN INSTRUKSIONAL

PENERAPAN DISAIN INSTRUKSIONAL Model ADDIE