FORM PEMBELAJARAN GANGGUAN DAN CARA MEMELIHARA ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA

 

GANGGUAN DAN CARA MEMELIHARA

ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA

              Materi ini adalah salah satu tema di kelas 5 SD, yang dapat digali selama sebulan. Seminimal-minimalnya 3 minggu. Menurut saya, materi ini cukup "berat" jadi guru harus "wise" membimbing dan mendampingi siswa, karena materi ini lekat dengan masalah orang tua. Namun beberapa gangguan dapat terjadi pada anak-anak. Guru bisa menyiapkan video-video yang menggambarkan kondisi penderita gangguan pada organ peredaran darah, khususnya penderita anak-anak. Mulai dari yang ringan sampai yang berat.

           Bila dilakukan secara online, siswa dapat berselancar tidak hanya melalui internet, tapi juga mewawancara langsung penderita. Sekurang-kurangnya bisa bertanya kepada Ayah/Bundanya atau bahkan Kakek/Neneknya yang sudah cukup tahu terkait materi ini. Siswa didorong untuk aware pada kesehatannya dan cara menjaganya, khususnya yang terkait dengan materi ini.

Berikut contoh tabel, form, dan foto kegiatan:

 1. Tabel hasil browshing

      Tugas mengumpulkan berbagai gangguan organ peredaran darah ini sebaiknya dilakukan 

      berkelompok bila pembelajarannya secara offline.

TABEL GANGGUAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH

Nama: ……………………………………….                                                                                 

Kelas: ……………………………………….

Tanggal: ……………………………………

No

Nama gangguan/ penyakit

Pengertian/istilah lain

Gejala

Penyebab

Penanganan

1

Anemia

Rendahnya kadar Hb (hemoglobin) dalam darah (Kekurangan darah)

 

·         Tubuh merasa lemah dan

·         Cepat lelah. Kadang anggota tubuh mengalami kesemutan

·         Jantung berdebar-debar

·         Pendarahan akibat kecelakaan atau luka di bagian dalam atau luar tubuh

·         Kekurangan produksi sel darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi

·         Berbagai akibat dari penyakit lain, seperti kanker tulang dan berbagai infeksi

·         Anemia yang tidak parah dapat disembuhkan dengan makan makanan bergizi, terutama yang banyak mengandung zat besi.

·         Pada anemia yang parah, harus dilakukan transfusi darah

2

Leukimia

Kanker darah

·     Rasa lelah

·     Lemah

·     Kurang nafsu makan.

·     Lama kelamaan timbul nyeri di tulang

·     Terjadi pendarahan di kulit dan di bagian tubuh lain

 

 

3

Hipertensi

Tingginya tekanan darah,

Seseorang mengalami hipertensi apabila tekanan darahnya lebih dari 140/90 mmHg

 

 

 

4

Hipotensi

 

 

 

 

5

Hemofilia

 

 

 

 

6

Varises

 

 

 

 

7

Sklerosis

 

 

 

 

8

Thalasemia

 

 

 

 

9

Stroke

 

 

 

 

10

Penyakit jantung koroner

 

 

 

 

 Note: untuk jenjang yang lebih tinggi, nama penyakit mencari sendiri.

  2.  Penguatan 

     Untuk menguatkan dan mengikat ilmu, maka siswa bekerja secara berkelompok lagi.

     Tiap kelompok mendapat tugas yang berbeda, untuk saling berbagi ilmu melalui presentasi dan agar 

      siswa tidak bosan.

 

 

3. Form wawancara

      Siswa mewawancarai min. 1 orang, utamakan yang kelihatannya kurang sehat. Boleh anggota keluarga, tetangga, orang-orang di lingkungan sekolah, maupun orang tidak dikenal. Tentu guru harus meminta bantuan orang tua bila interview dilakukan pada orang yang tidak dikenal, agar mendampingi putra/i-nya.

Tujuan wawancara disini, selain melatih keberanian, kesopanan, dan kemampuan berbicara, siswa juga dilatih untuk menentukan apakah orang yang diwawancarainya menderita gangguan pada organ peredaran darah atau tidak, berdasarkan tabel hasil browshing (form. 1).

 

FORM WAWANCARA

Nama pewawancara     : ____________________________

Kelas                                : ____________________________

 

Siapa nama nara sumber dan berapa usianya?

 

 

Apakah saat ini sedang mengidap penyakit tertentu?

 

 

Bila ya, apa nama penyakitnya?

 

 

Bagaimana gejala awal yang nara sumber rasakan?

 

 

 

 

____________________________________________________________________________________

Menurut dokter apa penyebabnya?

 

 

 

 


Apa pengobatan dan perawatan yang sedang dijalankan?

 

 

 


Apa pesan nara sumber untuk orang lain, agar terhindar dari penyakit ini?

 

 

 

 

 

Kesimpulan:

 

______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Catatan:

Pada kolom kesimpulan, siswa sebagai pewawancara  harus menentukan apakah nara sumber mengalami  gangguan pada organ peredaran darah atau tidak (dengan melihat pada tabel). Bila ya, maka siswa menguraikan pengertian dari penyakit yang diderita nara sumber.


 

 

4. Form dan Isisan Data Kebiasaan Hidup Sehat (self Asessment)

    Siswa mengisi form sesuai dengan kondisi masing-masing.

 

KEBIASAANKU SEHARI-HARI

UNTUK HIDUP SEHAT DAN TERATUR

 

Namaku ……………………………………. Teman-teman biasa memanggilku ……….……... Sekarang aku kelas ……… di SD ……………………………….

Setelah belajar dengan teman-teman dan guru, juga dari internet dan buku tentang  Gangguan Pada Peredaran Darah Manusia, menurutku saat ini aku belum/sudah*  menjaga kesehatan peredaran darahku.

Tabel di bawah ini yang ditandai dengan warna kuning menunjukkan kebiasaanku dalam beraktivitas dan jenis makanan/minuman yang kukonsumsi sehari-hari. Sedangkan tabel berwarna hijau menunjukkan rencana perilaku dan kegiatan yang ingin kujadikan kebiasaanku sehari-hari, agar hidupku lebih sehat dan teratur sehingga peredaran darahku juga sehat.

Aku mengisinya dengan cara menconteng (ü) kotak kecil. Bisa lebih dari satu yang kuconteng, dan apabila dibutuhkan jawaban lain maka aku akan menuliskannya.

No

Kegiatan

Perilaku hidup

Yang dilakukan/dikonsumsi

Yang akan dilakukan/dikonsumsi

1.

Waktu tidur

o Teratur

o Tidak teratur

Pukul _______

o Teratur

o Tidak teratur

Pukul _______

2.

Waktu bangun tidur

o Teratur

o Tidak teratur

Pukul _______

o Teratur

o Tidak teratur

Pukul _______

3.

Makan utama

o Kurang dari 3 kali

o 3 kali

o Lebih dari 3 kali

o Kurang dari 3 kali

o 3 kali

o Lebih dari 3 kali

4.

Jenis makanan utama (sarapan, makan siang, makan malam) yang paling sering dikonsumsi

o Nasi putih

o Nasi merah

o Bubur ayam

o Nasi uduk/nasi kuning

o Sayur segar

o Buah segar

o Ikan

o Daging (sapi/kambing)

o Ayam

o Telur

o Tempe

o Tahu

o Susu

o Air putih

o Jus segar

o Air teh manis

o Makanan beku (nugget, kentang goreng, sosis,  dll)

o Mie instan

o Makanan kaleng

 

 

 

 

o Nasi putih

o Nasi merah

o Bubur ayam

o Nasi uduk/nasi kuning

o Sayur segar

o Buah segar

o Ikan

o Daging (sapi/kambing)

o Ayam

o Telur

o Tempe

o Tahu

o Susu

o Air putih

o Jus segar

o Air teh manis

o Makanan beku (nugget, kentang goreng, sosis,  dll)

o Mie instan

o Makanan kaleng

 

 

 

 

5.

Jenis snack, jajanan, dan minuman yang paling sering dikonsumsi

o Snack kemasan mengandung MSG

o Snack kemasan tidak mengandung MSG

o Minuman bersoda

o Minuman kemasan dengan warna mencolok

o Es mambo

o Makanan basah  tradisional (kue lumpur, bugis, nagasari, dll)

o Makanan pinggir jalan (cilor, telur gulung, dll)

o Permen

o Kopi

o Teh

o Donut, pizza, spagheti

o Kentang goreng berbumbu

 

 

 

 

o Snack kemasan mengandung MSG

o Snack kemasan tidak mengandung MSG

o Minuman bersoda

o Minuman kemasan dengan warna mencolok

o Es mambo

o Makanan basah  tradisional (kue lumpur, bugis, nagasari, dll)

o Makanan pinggir jalan (cilor, telur gulung, dll)

o Permen

o Kopi

o Teh

o Donut, pizza, spagheti

o Kentang goreng berbumbu

 

 

 

 

6.

Kegiatan dan jenis berolahraga

o Sering

o Kadang-kadang

o Tidak pernah

Jenis olah raga _________ ______________________

o Sering

o Kadang-kadang

o Tidak pernah

Jenis olah raga _________ ______________________

7.

Yang paling sering dilakukan saat berada di rumah

o Nonton TV

o Main HP

o Main computer

o Main PS/game

o Main dengan keluarga

o Main dengan teman

o Main dengan binatang peliharaan

o Membaca buku

o Menulis diary

o Tidur

o Bantu Mama/Papa

 

 

 

 

 

o Nonton TV

o Main HP

o Main computer

o Main PS/game

o Main dengan keluarga

o Main dengan teman

o Main dengan binatang peliharaan

o Membaca buku

o Menulis diary

o Tidur

o Bantu Mama/Papa

 

 

 

 

 

8.

Yang paling sering dilakukan saat bermain diluar rumah

o Naik sepeda

o Main kelereng

o Main layangan

o Main di warnet

o Ngobrol

o Main HP

o Main bentengan

o Main petak umpet

o Menonton teman bermain

 

 

 

o Naik sepeda

o Main kelereng

o Main layangan

o Main di warnet

o Ngobrol

o Main HP

o Main bentengan

o Main petak umpet

o Menonton teman bermain

 

 

 

*Coret yang tidak perlu


5. Form Pelaksanaan Kegiatan Hidup Sehat

    Form ini diisi setelah form self assesment. Form ini merupakan aplikasi dan pencapaian 

   atas rencana kegiatan hidup sehat dan teratur.

LAPORAN KEGIATAN HIDUP SEHAT DAN TERATUR

Nama       : _________________________________

Kelas        : _________________________________

Isilah laporan kegiatanmu selama seminggu sesuai perilaku hidup sehat dan teratur yang kamu lakukan!

No

Kegiatan

Hari dan tanggal

Sabtu,

……………………

Minggu,

……………………

Senin,

……………………

Selasa,

……………………

Rabu,

……………………

Kamis,

……………………

Jumat,

……………………

1.

Tidur pukul

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Bangun tidur pukul  

 

 

 

 

 

 

 

3.

Menu sarapan 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

Menu snack

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

Menu makan siang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

Kegiatan olah raga (ada/tidak)

 

 

 

 

 

 

 

7.

Kegiatan di rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.

Kegiatan di luar rumah

 

 

 

 

 

 

 

 

 



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENILAIAN AUTENTIK

KONSEP DAN PENERAPAN DESAIN INSTRUKSIONAL

PENERAPAN DISAIN INSTRUKSIONAL Model ADDIE