FORM PEMBELAJARAN GANGGUAN DAN CARA MEMELIHARA ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA
GANGGUAN DAN CARA MEMELIHARA
ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA
Materi ini adalah salah satu tema di kelas 5 SD, yang dapat digali selama sebulan. Seminimal-minimalnya 3 minggu. Menurut saya, materi ini cukup "berat" jadi guru harus "wise" membimbing dan mendampingi siswa, karena materi ini lekat dengan masalah orang tua. Namun beberapa gangguan dapat terjadi pada anak-anak. Guru bisa menyiapkan video-video yang menggambarkan kondisi penderita gangguan pada organ peredaran darah, khususnya penderita anak-anak. Mulai dari yang ringan sampai yang berat.
Bila dilakukan secara online, siswa dapat berselancar tidak hanya melalui internet, tapi juga mewawancara langsung penderita. Sekurang-kurangnya bisa bertanya kepada Ayah/Bundanya atau bahkan Kakek/Neneknya yang sudah cukup tahu terkait materi ini. Siswa didorong untuk aware pada kesehatannya dan cara menjaganya, khususnya yang terkait dengan materi ini.
Berikut contoh tabel, form, dan foto kegiatan:
1. Tabel hasil browshing
Tugas mengumpulkan berbagai gangguan organ peredaran darah ini sebaiknya dilakukan
berkelompok bila pembelajarannya secara offline.
TABEL GANGGUAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH
Nama: ……………………………………….
Kelas: ……………………………………….
Tanggal: ……………………………………
No |
Nama gangguan/ penyakit |
Pengertian/istilah lain |
Gejala |
Penyebab |
Penanganan |
1 |
Anemia |
Rendahnya kadar Hb (hemoglobin) dalam darah (Kekurangan darah)
|
· Tubuh merasa lemah dan · Cepat lelah. Kadang anggota tubuh mengalami kesemutan · Jantung berdebar-debar |
· Pendarahan akibat kecelakaan atau luka di bagian dalam atau luar tubuh · Kekurangan produksi sel darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi · Berbagai akibat dari penyakit lain, seperti kanker tulang dan berbagai infeksi |
· Anemia yang tidak parah dapat disembuhkan dengan makan makanan bergizi, terutama yang banyak mengandung zat besi. · Pada anemia yang parah, harus dilakukan transfusi darah |
2 |
Leukimia |
Kanker darah |
· Rasa lelah · Lemah · Kurang nafsu makan. · Lama kelamaan timbul nyeri di tulang · Terjadi pendarahan di kulit dan di bagian tubuh lain |
|
|
3 |
Hipertensi |
Tingginya tekanan darah, Seseorang mengalami hipertensi apabila tekanan darahnya lebih dari 140/90 mmHg |
|
|
|
4 |
Hipotensi |
|
|
|
|
5 |
Hemofilia |
|
|
|
|
6 |
Varises |
|
|
|
|
7 |
Sklerosis |
|
|
|
|
8 |
Thalasemia |
|
|
|
|
9 |
Stroke |
|
|
|
|
10 |
Penyakit jantung koroner |
|
|
|
|
Note: untuk jenjang yang lebih tinggi, nama penyakit mencari sendiri.
2. Penguatan
Untuk menguatkan dan mengikat ilmu, maka siswa bekerja secara berkelompok lagi.
Tiap kelompok mendapat tugas yang berbeda, untuk saling berbagi ilmu melalui presentasi dan agar
siswa tidak bosan.
3. Form wawancara
Siswa mewawancarai min. 1 orang, utamakan yang kelihatannya kurang sehat. Boleh anggota keluarga, tetangga, orang-orang di lingkungan sekolah, maupun orang tidak dikenal. Tentu guru harus meminta bantuan orang tua bila interview dilakukan pada orang yang tidak dikenal, agar mendampingi putra/i-nya.
Tujuan wawancara disini, selain melatih keberanian, kesopanan, dan kemampuan berbicara, siswa juga dilatih untuk menentukan apakah orang yang diwawancarainya menderita gangguan pada organ peredaran darah atau tidak, berdasarkan tabel hasil browshing (form. 1).
FORM WAWANCARA
Nama pewawancara : ____________________________
Kelas : ____________________________
Siapa nama nara sumber dan berapa usianya? |
|
Apakah saat ini sedang mengidap penyakit tertentu? |
|
Bila ya, apa nama penyakitnya? |
|
Bagaimana gejala awal yang nara sumber rasakan?
|
____________________________________________________________________________________ |
Menurut dokter apa penyebabnya?
|
Apa pengobatan dan perawatan yang sedang dijalankan?
|
Apa pesan nara sumber untuk orang lain, agar terhindar dari penyakit ini? |
|
Kesimpulan:
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
|
Catatan:
Pada kolom kesimpulan, siswa sebagai pewawancara harus menentukan apakah nara sumber mengalami gangguan pada organ peredaran darah atau tidak (dengan melihat pada tabel). Bila ya, maka siswa menguraikan pengertian dari penyakit yang diderita nara sumber.
4. Form dan Isisan Data Kebiasaan Hidup Sehat (self Asessment)
Siswa mengisi form sesuai dengan kondisi masing-masing.
KEBIASAANKU SEHARI-HARI
UNTUK HIDUP SEHAT DAN TERATUR
Namaku ……………………………………. Teman-teman biasa memanggilku ……….……... Sekarang aku kelas ……… di SD ……………………………….
Setelah belajar dengan teman-teman dan guru, juga dari internet dan buku tentang Gangguan Pada Peredaran Darah Manusia, menurutku saat ini aku belum/sudah* menjaga kesehatan peredaran darahku.
Tabel di bawah ini yang ditandai dengan warna kuning menunjukkan kebiasaanku dalam beraktivitas dan jenis makanan/minuman yang kukonsumsi sehari-hari. Sedangkan tabel berwarna hijau menunjukkan rencana perilaku dan kegiatan yang ingin kujadikan kebiasaanku sehari-hari, agar hidupku lebih sehat dan teratur sehingga peredaran darahku juga sehat.
Aku mengisinya dengan cara menconteng (ü) kotak kecil. Bisa lebih dari satu yang kuconteng, dan apabila dibutuhkan jawaban lain maka aku akan menuliskannya.
No |
Kegiatan |
Perilaku hidup |
|
Yang dilakukan/dikonsumsi |
Yang akan dilakukan/dikonsumsi |
||
1. |
Waktu tidur |
o Teratur o Tidak teratur Pukul _______ |
o Teratur o Tidak teratur Pukul _______ |
2. |
Waktu bangun tidur |
o Teratur o Tidak teratur Pukul _______ |
o Teratur o Tidak teratur Pukul _______ |
3. |
Makan utama |
o Kurang dari 3 kali o 3 kali o Lebih dari 3 kali |
o Kurang dari 3 kali o 3 kali o Lebih dari 3 kali |
4. |
Jenis makanan utama (sarapan, makan siang, makan malam) yang paling sering dikonsumsi |
o Nasi putih o Nasi merah o Bubur ayam o Nasi uduk/nasi kuning o Sayur segar o Buah segar o Ikan o Daging (sapi/kambing) o Ayam o Telur o Tempe o Tahu o Susu o Air putih o Jus segar o Air teh manis o Makanan beku (nugget, kentang goreng, sosis, dll) o Mie instan o Makanan kaleng
|
o Nasi putih o Nasi merah o Bubur ayam o Nasi uduk/nasi kuning o Sayur segar o Buah segar o Ikan o Daging (sapi/kambing) o Ayam o Telur o Tempe o Tahu o Susu o Air putih o Jus segar o Air teh manis o Makanan beku (nugget, kentang goreng, sosis, dll) o Mie instan o Makanan kaleng
|
5. |
Jenis snack, jajanan, dan minuman yang paling sering dikonsumsi |
o Snack kemasan mengandung MSG o Snack kemasan tidak mengandung MSG o Minuman bersoda o Minuman kemasan dengan warna mencolok o Es mambo o Makanan basah tradisional (kue lumpur, bugis, nagasari, dll) o Makanan pinggir jalan (cilor, telur gulung, dll) o Permen o Kopi o Teh o Donut, pizza, spagheti o Kentang goreng berbumbu
|
o Snack kemasan mengandung MSG o Snack kemasan tidak mengandung MSG o Minuman bersoda o Minuman kemasan dengan warna mencolok o Es mambo o Makanan basah tradisional (kue lumpur, bugis, nagasari, dll) o Makanan pinggir jalan (cilor, telur gulung, dll) o Permen o Kopi o Teh o Donut, pizza, spagheti o Kentang goreng berbumbu
|
6. |
Kegiatan dan jenis berolahraga |
o Sering o Kadang-kadang o Tidak pernah Jenis olah raga _________ ______________________ |
o Sering o Kadang-kadang o Tidak pernah Jenis olah raga _________ ______________________ |
7. |
Yang paling sering dilakukan saat berada di rumah |
o Nonton TV o Main HP o Main computer o Main PS/game o Main dengan keluarga o Main dengan teman o Main dengan binatang peliharaan o Membaca buku o Menulis diary o Tidur o Bantu Mama/Papa
|
o Nonton TV o Main HP o Main computer o Main PS/game o Main dengan keluarga o Main dengan teman o Main dengan binatang peliharaan o Membaca buku o Menulis diary o Tidur o Bantu Mama/Papa
|
8. |
Yang paling sering dilakukan saat bermain diluar rumah |
o Naik sepeda o Main kelereng o Main layangan o Main di warnet o Ngobrol o Main HP o Main bentengan o Main petak umpet o Menonton teman bermain
|
o Naik sepeda o Main kelereng o Main layangan o Main di warnet o Ngobrol o Main HP o Main bentengan o Main petak umpet o Menonton teman bermain
|
*Coret yang tidak perlu
5. Form Pelaksanaan Kegiatan Hidup Sehat
Form ini diisi setelah form self assesment. Form ini merupakan aplikasi dan pencapaian
atas rencana kegiatan hidup sehat dan teratur.
LAPORAN KEGIATAN HIDUP SEHAT DAN TERATUR
Nama : _________________________________
Kelas : _________________________________
Isilah laporan kegiatanmu selama seminggu sesuai perilaku hidup sehat dan teratur yang kamu lakukan!
No |
Kegiatan |
Hari dan tanggal |
||||||
Sabtu, …………………… |
Minggu, …………………… |
Senin, …………………… |
Selasa, …………………… |
Rabu, …………………… |
Kamis, …………………… |
Jumat, …………………… |
||
1. |
Tidur pukul
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Bangun tidur pukul |
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Menu sarapan
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Menu snack
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Menu makan siang |
|
|
|
|
|
|
|
6. |
Kegiatan olah raga (ada/tidak) |
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Kegiatan di rumah |
|
|
|
|
|
|
|
8. |
Kegiatan di luar rumah |
|
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar